Samstag, Februar 21, 2004

baroness PINDAH...

USAI sudah pencarian Baroness kali ini. Berbulan-bulan mengebor perut bumi hingga kedalam hampir 2 km dari total 5347 meter dari permukaan laut, dari lokasi Gehem2 ditengah laut selat makassar, akhirnya berbuah manis. Sumber gas bumi dengan volume besar berhasil didapatkan, Unocal menaksir sumur tersebut berkapasitas 2-3 trilliun kubik.
Ini termasuk keberhasilan dan juga keberuntungan karena kadangkala penggalian yang berbulan-bulan justru membuat kecele. Tak ada minyak, tak ada gas. Hanya buang biaya, keringat dan waktu. Namun kali ini, kerja keras itu berbuah gas. ya, gas saja.

Walau sumur gas telah ditemukan, Ocean Baroness tidaklah tinggal ngendon menunggui sumurnya. Lantaran bukan rig produksi dan hanya rig pencari, Baroness pun bersiap pindah ke lokasi lain. Mencari lokasi lain yang diduga juga memendam gas atau minyak. Sumur yang ditemukan pun diserahkan pada rig lain, rig yang khusus buat eksplorasi dan produksi. Gas tersebut nantinya di kirim ke LNG Bontang untuk produksi siap pakai dan siap jual.

Dan kemarin, baroness pun migrasi. Lokasi yang dituju jelas, Gula 3. Juga masih di selat Makassar dan berjarak tidak jauh dari Gehem 2, lokasi awal. Hanya sekitar 40 km, dan makin mendekat ke daratan kalimantan.rig West Alliance, salah satu rig produksi

Pindahan itu membutuhkan bantuan tug boat, kapal penarik karena rig tidak mempunyai mesin sendiri. Untuk pindah 40 km saja membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Jadi bisa dibayangkan betapa pelannya pergerakan itu. Dan itu pula yang membuat proses pindahan tidak terasa. Tidak ada guncangan yang berarti apalagi rig yang oleng.

Akankah Baroness di tempat barunya kembali menemukan gas atau minyak? Entah. Wallahu Alam.


bolaritasi'@pertamedika-OILCITY

Keine Kommentare: